5 Tips Hemat untuk Bunda Belanja Kebutuhan Sehari-hari

5 Tips Hemat untuk Bunda Belanja Kebutuhan Sehari-hari

Kebiasaan dalam belanja secara hemat, bukan hanya di perlukan ketika kondisi keuangan Bunda belum mapan aja, tapi juga Ketika Bunda sudah mendapatkan penghasilan yang cukup. Penghematan juga perlu di terapkan baik ketika belanja barang baru ataupun belanja kebutuhan sehari-hari.

Untuk Bunda yang sibuk mengurus rumah tangga dan anak di rumah atau juga sibuk bekerja di kantor, meluangkan waktu untuk berbelanja bisa jadi sesuatu yang cukup sulit dikerjakan. Jika ada waktu untuk belanja harus menunggu waktu weekend atau anak ada yang menjaga di rumah. Belum lagi, jika harus belanja bersama anak-anak saat hari libur, Bunda juga harus mengawasi anak-anak sambil memastikan semua kebutuhan yang dibeli sudah masuk ke dalam keranjang belanja.

Agar belanja kebutuhan sehari-hari tetap hemat dan tidak ribet,tips-tips ini bisa membantu Bunda untuk berhemat, hal ini juga bisa menerapkan kebiasaan belanja yang lebih pintar dan hemat. Apa aja ya tipsnya? Simak daftarnya berikut ini ya Bunda!

Tips Belanja Kebutuhan Sehari-hari

  1. Usahakan untuk Belanja Sendirian

Belanja sendirian memang susah ya Bun, apalagi mengatur waktu dan harus meninggalkan anak-anak di rumah bersama suami tapi ini merupakan cara aman agar Bunda bisa berbelanja dengan tenang, walaupun belanja bersama anak-anak lebih seru tetapi nanti bunda harus mengawasi keamanan mereka. Belum lagi kalau anak-anak minta dibelikan jajan atau mainan, sudah pasti harus menyiapkan uang lebih untuk memenuhi permintaan mereka. Jadi kalau Bunda mau menghemat banyak waktu saat berbelanja, keputusan untuk belanja sendiri sudah sangat tepat.

  1. Jangan Lupa Membawa Daftar Belanja

Untuk mempermudah Bunda ketika belanja kebutuhan sehari-hari yang jumlahnya sudah pasti banyak, selalu pastikan Bunda buat daftar belanjaan terlebih dahulu ya agar tidak ada barang yang tertinggal atau lupa di beli nantinya. Selain itu, daftar belanja juga dapat membantu Bunda menghindari kecenderungan untuk mengambil barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan untuk dibeli.

  1. Atur Jadwal Belanja dalam Sebulan

Pergi belanja kebutuhan rumah sekali setiap bulan dapat menghemat waktu, tetapi cara ini tidak selamanya efektif loh Bun, karena ada beberapa jenis barang kebutuhan rumah tangga yang masih bisa digunakan selagi masih segar, terutama bahan makanan. Akibatnya, belanja sekali sebulan saja sebenarnya tidak cukup. Kalau dipaksakan, bahan-bahan tersebut bisa jadi sudah tak lagi dalam kondisi baik ketika akan digunakan.

Hal ini memang merepotkan, tapi lebih baik jika Bunda menjadwalkan hari belanja secara teratur, misalnya sekali dalam dua minggu. Bunda bisa memilih belanja tiap awal dan tengah bulan tergantung kebutuhan yang akan dibeli. Dengan begitu, Bunda bisa menghindari risiko ada bahan makanan yang terpaksa dibuang karena sudah tidak layak untuk diolah.

  1. Perhatikan Isi Rak dengan Seksama

Saat berbelanja, memperhatikan isi rak barang dianggap hal yang tidak penting. Karena orang-orang saat belanja cenderung mengambil barang yang diletakkan pada rak yang letaknya sejajar dengan pandangan dan mudah dijangkau, padahal ada kemungkinan barang-barang dengan harga lebih murah diletakkan di posisi yang cukup tersembunyi.

Nah, mulai sekarang Bunda jangan ingin cepat-cepat selesai berbelanja ya, ambil waktu beberapa detik untuk memperhatikan isi rak secara keseluruhan, karena bisa jadi ada produk-produk yang Bunda butuhkan sedang diskon, atau memang dijual dengan harga lebih murah.

  1. Manfaatkan Diskon dan Promo Lainnya

Saat ini sudah banyak program diskon atau promo lainnya tidak harus dinikmati hanya lewat pembayaran dengan kartu kredit lho Bun! Untuk berbagai pusat perbelanjaan yang sudah menerima pembayaran non tunai seperti dengan uang elektronik, biasanya ada program menarik yang juga dapat Bunda nikmati untuk belanja lebih hemat, misalnya mendapatkan diskon atau cashback.

Tetapi Bunda tidak boleh belanja dengan pikiran “Belanja deh, mumpung ada diskon” hal ini harus dihindari, karena justru dapat menyebabkan pengeluaran yang tidak perlu dan akan membuat boros. Gunakan promo ketika Bunda memang benar-benar akan belanja saja ya, agar kebutuhan sehari-hari tetap terpenuhi, dan pengeluaran bisa terkendali.

 

Yuk Bunda mulai sekarang terapkan tips-tips ini saat berbelanja kebutuhan sehari-hari ya agar nantinya keuangan pribadi dan keluarga bisa terkendali dan lebih hemat.  😊

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *