Kebijakan & Syarat Ketentuan

Selamat bergabung dengan Waserda!

Ini merupakan syarat dan ketentuan penggunaan Waserda

Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena hal ini berkaitan dengan hak dan kewajiban Pengguna Waserda.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan aplikasi Waserda, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami serta menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara pihak Pengguna dengan Pihak Waserda. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, Sebagian atau seluruh dari isi Syarat dan Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan pada Waserda.

 

DEFINISI

Waserda adalah sebuah produk aplikasi dari PT. Anugerah Cipta Kreatif

Waserda merupakan aplikasi yang dapat diunggah melalui playstore pada smartphone pengguna yang didukung dengan koneksi internet.

Pengguna Waserda adalah siapapun yang menggunakan aplikasi Waserda baik dari penjual (Pegiat UMKM) maupun pembeli.

Penjual (Pegiat UMKM) merupakan perseorangan maupun pemilik usaha mikro, kecil dan menengah yang menjual produk melalui aplikasi Waserda.

Pembeli adalah siapapun yang melakukan transaksi pembelian produk yang dijual oleh penjual (Pegiat UMKM) melalui aplikasi Waserda.

Penjual dan pembeli pada dasarnya merupakan tetangga dekat yang berjarak 1-3 km.

 

KETENTUAN UMUM

Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selain sanksi yang disebutkan pada Syarat dan Ketentuan ini, apabila diperlukan, Waserda berhak untuk mengambil dan melakukan segala Tindakan hukum terhadap Pengguna, namun tidak terbatas secara pidana, perdata dan Tindakan hukum lainnya yang dimungkinkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

 

PENDAFTARAN AKUN

  1. Waserda tidak memungut biaya pendaftaran dalam bentuk apapun kepada setiap Pengguna.
  2. Pengguna setuju untuk memberikan informasi yang benar, lengkap serta akurat.
  3. Pengguna bertanggung jawab penuh atas setiap ketidaksesuaian atau kesalahan pernyataan identitas atau informasi yang Pengguna berikan pada akun Pengguna.
  4. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Waserda dapat meminta informasi tambahan, verifikasi dan persyaratan lain  atas penggunaan aplikasi secara berkelanjutan.
  5. Satu (1) nomor hp hanya satu (1) akun warung
  6. Pengguna dapat mengganti nomor hp dengan menghubungi Waserda
  7. Setiap penjual yang sesuai dengan ketentuan Waserda dan telah melakukan registrasi dapat memulai membuka warung online melalui aplikasi Waserda.
  8. Setelah membuka warung online di Waserda, penjual (Pegiat UMKM) berhak untuk mempublikasikan produk untuk ditawarkan kepada pembeli dan membagikan warung online nya untuk dikunjungi oleh pembeli.

Waserda atas kebijakannya sendiri dapat dan tanpa memberitahukan untuk:

  1. Menyaring terlebih dahulu warung yang telah mendaftar, baik dari segi produk, kesesuaian data dan lainnya.
  2. Menangguhkan, menghapus atau menutup akun atau warung online Pengguna yang tidak sesuai.
  3. Mengambil setiap tindakan yang diperlukan lainnya terhadap kegagalan untuk mematuhi atau terhadap tindakan pelanggaran.

 

KOMUNITAS

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan aplikasi Waserda maka Pengguna dapat diundang menjadi bagian dari komunitas Waserda untuk bergabung dengan kelompok percakapan seperti Whatsapp, Facebook dan lainnya Bersama pengguna lain. Untuk menolak pada poin ini, dapat menjelaskan alasan yang jelas dan dapat diterima

 

BIAYA

Setiap transaksi yang dilakukan pada aplikasi Waserda untuk para penjual adalah GRATIS. Dimana transaksi yang dilakukan akan langsung diterima oleh pihak penjual. Untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh pembeli akan langsung diberikan kepada pihak penjual tanpa pihak ketiga dari Waserda.

 

PENIPUAN

Waserda dalam hal ini menjadi wadah berupa aplikasi untuk membantu penjual (Pegiat UMKM) dengan pembeli. Dengan tujuan para UMKM dapat memperkenalkan usahanya kepada tetangga sekitarnya sehingga terjadi transaksi yang cepat dan mudah dalam memenuhi kebutuhan. Segala bentuk kelalaian atau kekeliruan dalam pemesanan yang dilakukan oleh penjual dan pembeli di luar tanggung jawab Waserda. Waserda tidak bertanggung jawab atas adanya penipuan atau kecurangan dalam kegiatan jual beli. Namun, Waserda akan memberikan sanksi maupun Tindakan kepada penjual dan pembeli yang melakukan pelanggaran dan melanggar etika perdagangan serta melanggar persetujuan yang telah ditetapkan.

 

PRODUK YANG TIDAK DITERIMA WASERDA

Waserda merupakan wadah untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat. Namun Waserda memiliki aturan untuk tidak menerima transaksi produk terlarang pada aplikasi Waserda. Produk terlarang merupakan produk jenis apapun yang dilarang oleh hukum dan undang-undang di Indonesia untuk diperjualbelikan. Produk tersebut termasuk barang berbahaya, mengancam, melanggar hukum, melecehkan, memfitnah, mengintimidasi, merugikan pihak tertentu dan menginvasi privasi orang lain.

Berdasarkan hal tersebut, produk yang dilarang untuk diperjualbelikan melalui aplikasi Waserda, antara lain:

  • Segala jenis obat-obatan maupun zat-zat berbahaya yang dilarang ataupun dibatasi peredarannya menurut ketentuan hukum yang berlaku. Tidak terbatas pada ketentuan Undang-Undang Narkotika, Psikotropika maupun Kesehatan. Serta obat-obatan yang tidak terdaftar dalam BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) serta obat-obatan tanpa resep dokter.
  • Makanan yang membahayakan. Minuman yang dapat memabukkan. Dan /atau makanan dan minuman kemasan yang tidak memiliki standar tertentu.
  • Produk kecantikan seperti kosmetik dan parfume yang tidak memiliki izin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).
  • Senjata api, perlengkapan senjata api, replika senjata api dan apapun jenis senjata yang membahayakan dan dilarang untuk diperjual belikan secara bebas. 
  • Seragam institusi seperti seragam kepolisian.
  • Segala bentuk tulisan maupun gambar yang memiliki pengaruh negatif maupun melecehkan pihak, RAS atau menyinggung perasaan orang lain.
  • Barang dewasa seperti penunjang kegiatan seksual termasuk obat kuat, obat perangsang, alat bantu seks atau segala sesuatu yang berhubungan dengan pornografi. 
  • Barang yang melanggar Hak Cipta baik dalam bentuk buku, CD/DVD/VCD, informasi dan/atau dokumen elektronik, software bajakan serta media yang melanggar Hak Cipta.
  • Barang elektronik yang tidak memiliki/memperoleh izin teknis dari instansi yang berwenang.
  • Bagian organ manusia atau perdagangan orang.
  • Cinderamata berbahan hewan yang dilindungi.
  • Hewan langka atau dilindungi.
  • Barang terkait perjudian.
  • Mata uang berlaku.
  • Barang curian.
  • Barang mistis.
  • Hewan peliharaan yang dilindungi.
  • Bahan-bahan berbahaya menurut peraturan Menteri Perdagangan Indonesia.
  •  

 

SANKSI

Waserda berhak untuk mengambil tindakan dan keputusan yang dianggap perlu terhadap akun Pengguna. Termasuk akun yang diduga atau terindikasi melakukan penyalahgunaan dan /atau melanggar aturan penggunaan aplikasi Waserda. Sanksi yang diberikan dapat berupa teguran, peringatan atau bahkan memblokir akun Pengguna yang telah melakukan pelanggaran berat serta memproses ke jalur hukum.

PT. Anugerah Cipta Kreatif

Menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat, khususnya UKM usaha kecil dan menengah.