Produk Jualan Online Terlaris di Tahun 2021

Produk Jualan Online Terlaris di Tahun 2021

 

Teknologi digital kiat meroket tajam, terutama dalam bisnis berjualan online . Penjualan via online melalui E-commerce pada tahun 2021 makin menuai rupiah di masa pendemi ini. Per Februari, Bank Indonesia mencatat nominal transaksi penjualan secara daring mencapai Rp27,2 triliun atau naik 45,28 persen dari tahun ke tahun. Volume penjualannya pun mencapai 174,6 juta transaksi atau melonjak 107,1 persen. Sektor ini pun diprediksi akan mencapai total transaksi Rp337 triliun tahun ini atau tumbuh 33%.

Untuk menjadi bagian pengambil manisnya untung berjualan online, Anda perlu mempertimbangkan 2 hal yang penting. Pertama, menimbang untung rugi pemilihan jenis toko daring itu, yang secara teknis lebih mudah membuat lapak di marketplace atau via memakai akun di media sosial lantaran tak mengeluarkan biaya. Ketiga, yang tak kalah penting adalah pemilihan barang yang hendak dijual. Pada tahap ini, memahami tren produk akan jadi kunci.

Memahami tren produk sangat penting bagi kalian untuk memulai usaha berbisnis, terutama bisnis online agar dapat mengetahui apa yang sedang di sukai oleh masyarakat. Berikut beberapa tren produk jualan online yang sedang laris manis di tahun 2021,

1. Kuliner

Laporan Statistik e-Commerce 2020 yang diterbitkan BPS menyebut 30,95 persen penjual daring bergerak di bidang makanan, minuman, dan bahan makanan. Banyaknya penjual makanan ini tak lepas dari sejumlah faktor, di antaranya jumlah penduduk RI yang besar. Ada 270 juta lebih perut yang harus diisi! Tak heran jika BPS mencatat bahwa 56,6 persen produk domestik bruto Indonesia disumbangkan oleh konsumsi rumah tangga, yakni Rp8.966 triliun. Dari angka itu, sekitar 49 persen-nya merupakan konsumsi makanan. Di samping itu, keragaman budaya memicu variasi kuliner dan bumbu serta bahan makanan yang luar biasa besar. Keuntungan di bidang ini adalah kemudahannya dalam mengatur skala produk, berbeda dengan, misalnya, bidang fashion yang memerlukan modal dan skala tertentu. Terlebih, usaha ini di masa pandemi dipermudah dengan keberadaan layanan Ojek Online.

2. Fashion

Pencarian di Google menggambarkan produk fashion memiliki konsistensi di hari-hari biasa dan tren menguat di periode tertentu, seperti jelang hari raya. Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa memulainya dengan menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu. Catatannya, Anda perlu memilih produsen produk yang berkualitas bagus. Jika toko sudah berkembang dan memiliki kenalan pemasok, menjadi penjual langsung adalah karier level selanjutnya. Produk fashion terlaris ada Pakaian Wanita dan Pria, Busana Muslim, Sepatu dan Jam Tangan.

3. Peralatan Rumah Tangga

Pada awal tahun 2021, Tokopedia mencatat peralatan rumah tangga jadi produk yang paling laku. Senada, Google mencatat penggunaan keyword, misalnya, ‘bedcover’, selalu mengalami kenaikan yang stabil. Selain itu, beberapa produk peralatan rumah tangga yang paling banyak dicari orang di antaranya adalah sprei, kompor gas, blender, dan bantal atau guling, atau kalian bisa membeli produk untuk dekorasi rumah.

4. Pembelian Gadget

Pembelian gadget, seperti smartphone, bukan hanya soal kebutuhan. Biasanya, orang membeli gadget baru sekitar 2 tahun sekali. Keluaran produk baru setiap tahunnya lantas menggoda orang untuk mengeluarkan dana meski tak butuh-butuh amat. Keuntungan penjualan gawai ini adalah potensi untung dari produk turunan atau aksesoris. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pencarian ‘casing hp’ dan ‘earphone’ di Google. Harbolnas 2019 pun mengungkapkan bahwa produk ponsel dan aksesorisnya menjadi yang paling laku.

Nah dari produk-produk jualan online di atas, yang mana nih yang termasuk usaha kalian? Customer banyak beli produk kalian yang mana? Sharing Yuk bersama Wira dengan ikut webinar perdana Waserda yaitu #WSRD01 bersama Romi Angger Hidayat yang berjudul “Mengenal tujuan dan Membangun Strategi Branding untuk UMKM di Sosial Media” akan banyak ilmu yang bisa kamu dapatkan lho.

 

Halo bos warung dan tetangga Indonesia!⁣

Untuk webinar perdana ini, @romijabrand yang merupakan founder @jagoan.branding dan @brandstory.indonesia akan berbagi ilmu tentang branding dan strateginya untuk usaha bos warung Indonesia⁣

‼️ Catat tanggalnya ya ‼️

“Mengenal Tujuan dan Membangun Strategi Branding untuk UMKM di Sosial Media”

🗓️ Senin, 11 Oktober 2021⁣

⏰ Pukul 14.00 – 15.00 WIB⁣

📍 Zoom Meeting, Online ⁣

📝Untuk umum dan GRATIS ⁣

📃 E-Certificate ⁣

📩 link regristration ⁣

https://bit.ly/WSRD01⁣

-⁣

Contact Person :⁣

Alifia (087883395868)⁣

Yuk, ikutan webinar ini dan segera daftar dengan scan QR code yang tertera atau melalui tautan pendaftaran webinar #wsrd01. GRATISSS!⁣

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *